Dalem Tarukan

Dalem Taruk atau Ida Dalem Tarukan adalah seorang putra raja Bali dengan jiwanya yang merakyat dan setia pada janji namun hidupnya penuh dilema yang akhirnya nyineb wangsa dan tinggal di Pulesari, sebuah Desa yang berada di kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli.

Beliau merupakan putra kedua dari Raja Ida Dalem Ketut Kresna Kepakisan dan Ni Gusti Ayu Gajah Para.

Tragedi Dalem Tarukan diawali dengan sebuah kisah yang berusaha untuk menolong anak angkatnya yang bernama Kuda Penandang Fajar yang saat itu sedang sakit keras karena terlalu memikirkan gadis pujaannya yang bernama Dewa Ayu Muter yang tiada lain sebagaimana disebutkan dalam Babad Tarukan, Dewa Ayu Muter merupakan putri dari Kakak Dalem Tarukan yakni Dalem Arga Samprangan. 
  • Lalu Dalem Tarukan mengucapkan janji kepada Kuda Penandang Fajar, 
  • jika dia sehat kembali 
    • maka Ida Dalem akan mempersatukan anak angkatnya tersebut dengan wanita idamannya. 
Tak disangka Kuda penandang Fajar sehat, sehingga Ida Dalem harus membayar janjinya. Akhirnya Dewa Ayu Muter akan diajak nikah secara Gandarwa Wiwaha. 

Berita dilarikannya Dewa Ayu Muter terdengar oleh Dalem Samprangan, 
  • Beliau sangat marah pada adiknya Dalem tarukan, 
  • seketika itu pula melesat Pusaka Dalem Samprangan yang bernama Keris Tanda Langlang mengejar 2 orang yang sedang kasmaran tersebut. 
  • Tiba- tiba keris tersebut menusuk Kuda Penandang Fajar hingga meninggal di tempat diluar istana tarukan. 
  • Dewa ayu Muter pun juga ikut Mati ditikam keris pusaka tersebut. 
Dengan adanya pelarian kedua sejoli tersebut dan juga kematian dewa ayu Muter, dalem Samprangan sangat marah dan akan menyerbu puri Tarukan untuk menghukum adiknya. 

Dari sinilah kisah perjalanan/pelarian Dalem Tarukan dimulai, Beliau akhirnya bertahun - tahun hidup dalam pelarian yang dikejar-kejar oleh prajurit Dalem Samprangan.
  • Beliau sempat bersembunyi di semak-semak jali jawa dan pohon biu gedang saba, karena telah ketahuan kemudian beliau pindah kembali ke wilayah Bubung Tegeh dengan penguasanya yakni I Gusti Ngurah Poh Landung.  
    • Disini Ida Dalem berkeinginan pergi ke Jawa, tapi Ida Dalem masih ragu dan Beliau selalu teringat akan anaknya yang ditinggal masih di dalam kandungan di Puri. 
  • I Gusti Poh Landung sangat sedih mendengar cerita Ida Dalem, dan Gusti Poh Landung akhirnya mencarikan Ida Dalem tempat persembunyian yang aman, yakni Hutan Bunga ( Janggala Sekar ). 
  • Selang beberapa lama Ida Dalem tertarik dengan putri I Gusti Poh Landung. Dan akhirnya Gusti Poh Landung mempersembahkan putrinya yang bernama Ni Luh Gusti Gwaji sebagai tanda bakti beliau terhadap Ida dalem. Dari pernikahan ini, lahirlah putra Ida Dalem yang bernama I Gusti Gede Sekar dan I Gusti Gede Pulasari.
Demikianlah Ida Dalem Tarukan bersama 2 orang istri dan 4 orang putrnya hidup dengan aman dan tentram di pasraman Bunga dan dihormati oleh masyarakat sekitar termasuk perbekel Beliau seperti : I Gusti Ngurah poh Landung, Ksatria I Dewa Ngurah Kubakal, I Gusti Ngurah Pande dan I Gusti Agung Bekung. 

Hormat dan bakti masyarakat semakin bertambah setelah Ida Dalem Tarukan madeg Bhujangga. Akan tetapi, Ida Dalem meminta kepada para perbekel Beliau untuk tidak memanggil Beliau dengan Cokorda I Dewa Agung, cukup panggil dengan nama I Gusti ataupun Jro ( nyineb wangsa), hal ini dikarenakan agar tidak diketahui dan dikenali oleh prajurit Samprangan.
Diceritakan Ida Dalem Tarukan kembali mengambil istri yakni Jro Sekar ,putri dari dukuh Bunga. Dan melahirkan putra yang bernama I Gusti Bandem. I Gusti Agung Bekung , perbekel di Bancang Sidem ( sekarang Bangkyang Sidem ) mengahaturkan seorang putri kepada Ida dalem untuk dijadikan istri. Dari perkawinan ini melahirkan I Gusti Belayu dan I Gusti Dangin.
Akhirnya persembunyian Ida dalem di Pasraman Bunga diketahui oleh pasukan Samprangan, Ida Dalem pun pergi bersama anak-anak Baliau menuju ke Mekahan .

Beliau beristirahat selama 1 hari dan langsung bergegas pergi ke Sekardadi, setelah itu Beliau melanjutkan perjalanan menuju kintamani tepatnya di Desa Panarajon. 

Ida Dalem melanjutkan perjalanan ke Utara menuju Balingkang. Setelah beberapa hari beristirahat dan ngaturang bakti ring Balingkang, Ida Dalem pergi menuju daerah Sukawana. 

Di Sukawana Beliau bertemu dengan Dukuh Pasek Dharmaji dan Beliau meminta beras yang dibawa Dukuh Darmaji ( takilan beras ) sebab anak Beliau terutama Gusti Wanagiri lapar. 

Setelah memakan Beras tersebut, perut Gusti Luh Wanagiri Sakit dan akhirnya Ida seda. Layon Gusti Wanagiri kependem ring Pucak Giri Mangu (Pucak Penulisan sekarang) meulu ke pascima (kebarat). Sampai sekarang pun sentana Ida tetap berhulu kebarat dalam proses penguburan maupun ngaben. 3 bulan Ida Dalem Tarukan berada di Sukawana, dengan didampingi oleh pengabih Beliau yakni Pasek Jati Tuhu, Pasek Keban, dan Pasek Sukawana.

Diceritakan Prajurit Samprangan mengetahui persembunyian Ida Dalem di Sukawana. I Dalem bersama Putra-putranya pergi menuju Desa Panek, lalu ke desa Eban, kemudian sampailah Beliau di sisi laut Temakung. Perjalanan Beliau lanjutkan ke timur yakni ke desa Carutcut. 

Ida Dalem sangat bahagia berada di Desa Cerutcut. Karna makmurnya serta kayanya Desa tersebut, akhirnya Ida dalem Tarukan memberi nama Desa Cerutcut dengan nama Desa Sukadana ( karangasem ) .
Setelah beberapa lama , Ida Dalem berkeinginan untuk kembali ke Sukawana untuk mengadakan upacara palebonan Ni Gusti Luh Wanagiri. 
Namun tersiar kabar bahwa kakaknya Ida Dalem Samprangan telah meninggal, terasa aman bagi Ida Dalem Tarukan meski Beliaupun merasa sedih dengan kepulangan Kakak kandungnya tersebut ke Dunia Swarga.
Setelah melakukan palebonan, Beliau kembali menuju ke Bubung Tegeh. Disinilah Ida dalem tarukan ingin kembali ke puri Tarukan untuk melihat anaknya yang telah ditinggalkannya dahulu. 

Namun tidak dibenarkan oleh I Gusti Poh Landung. Akhirnya Beliau menuju ke Desa Sidaparna. Sempat beberapa lama tinggal di Sidaparna, Ida Dalem pindah menuju ke Wetaning Giri Penida ( pulasantun). Disini Ida dalem membuat pelinggih untuk Ida memuja. 

Ida Dalem Tarukan dengan tekun melaksanakan kebujanggaannya. Hingga akhirnya Beliau banyak memiliki sisya yang mencakup Carangsari, catur, di Ponjok Batu, di Carutcut , Sukadana dll. 

Namun meskipun Beliau sudah madeg jadi Bhujangga, beliau tetap bertani di sawah. Hingga akhirnya pada suatu ketika, Beliau bertemu dengan anaknya I Dewa Gede Muter yang sedang mencari ayahnya dengan ciri ciri, mewibawa, sakti dan selalu memakai saput poleng ten matepi.
Dengan berkumpulnya semua anak Ida Dalem Tarukan, hilanglah keinginan Beliau untuk kembali ke Puri Tarukan.
Pulasari, sebuah Desa yang berada di kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli, memang telah dipilih dalam kisah sejarah Dalem Tarukan yang dengan tekun menjalani dharma Kabhujanggaan, untuk menjadi tempat tinggal atau purinya yang terakhir. 

Hingga akhirnya Ida Dalem tarukan lebar / meninggal dunia pada Wrespati Ukir nuju panglong ping Sapta, sasih kedasa.
***