Babad Pamancangah Ki Gusti Tegeh Kori

Dalam Babad Pamancangah Ki Gusti Tegeh Kori, diceritakan Dalem di Sweca Lingarsapura, pikiran Beliau begitu kacau karena hidangannya setiap hari selalu dikoyak oleh seekor burung gagak. Burung Gagak yang hina tersebut tidak dapat Beliau tangkap, demikian juga oleh seluruh rakyatnya, bahkan terus mengganggu. 

Akhirnya Beliau mengutus Ki Gusti Dawuh Balyagung, abdi Beliau yaitu putra dari Ki Gusti Tegeh Kori untuk mencari orang yang mampu menangkap atau membunuh burung gagak tersebut. Sebagai seorang abdi, Beliau tidak dapat menolak perintah, dan akhirnya Beliau berjalan menuju ke arah Barat yaitu Tabanan, di sanalah Beliau bertemu dengan Ki Pucangan yang sedang berburu.

Ki Pucangan diajak menuju istana Dalem, tiada begitu lama setelah bertemu dengan Dalem, Beliau pun melaksanakan tugasnya. 

Si burung gagak yang hina tersebut akhirnya dapat dibunuh. Dengan terbunuhnya burung gagak itu, pikiran Dalem pun menjadi tenang. Akhirnya Ki Pucangan diangkat sebagai abdi oleh Dalem dan diharapkan saling kasih-mengasihi dengan Ki Gusti Dawuh Balyagung dan Pengeran Tangkas.