Babad Brahmana

Dalam babad brahmana ini diceritakan Dang Hyang Nirartha yang dijuluki dengan beberapa nama, pada awalnya Beliau tinggal di asrama bersama ayahnya di Wilwatikta. 

Setelah dewasa Beliau meninggalkan asrama itu menuju Daha. Begitu agama Islam mulai menyebar di Wilwatikta, sedikit demi sedikit kerajaan Majapahit yang pernah berkuasa di Nusantara mengalami kehancuran. 

Pembesar-pembesar kerajaan dengan pengikut setianya meninggalkan kerajaan, ada yang ke Pasuruan dan ada juga yang ke Brangbangan.

Seiring dengan perkembangan agama Islam yang begitu cepat, Dang Hyang Nirartha pun meninggalkan Daha menuju Pasuruan. Di Pasuruan Beliau sempat menikahi seorang putri, kemudian Beliau melanjutkan lagi perjalanan menuju Blambangan. 

Dari Blambangan Beliau menuju ke arah Timur dan menyebrang laut bersama keluarga, akhirnya mendarat di pesisir Barat pulau Bali. 

Dari sanalah Beliau melanjutkan perjalanannya lagi, dalam perjalanan itu Beliau mendirikan sejumlah bangunan suci dan menurunkan keturunan. Keturunan Beliau telah menyebar di seluruh Bali. Dari Bali Beliau melanjutkan perjalanan lagi menuju Sasak (Lombok) dan Sumbawa. Di Lombok pun banyak juga keturunan Beliau.