Brahmana Keniten

Babad Brahmana Keniten | diceritakan pada suatu ketika Ida Peranda Sakti Telaga yaitu dari brahmana Keniten sebagai salah seorang putra dari putra Danghyang Nirartha pergi beranjangsana ke desa-desa, bertemulah dengan orang, yang menggembala kerbau, di situ lah beliau meminta daging kerbau kepada si gembala itu. Jelas permintaan Ida Danghyang ditolaknya, lalu seketika itu Ida Danghyang menunjukkan kesaktiannya. Tak diceritakan dalam perjalanannya Ida Peranda Sakti Telaga sampailah di pasar Puri Gelgel.

Di situ beliau membeli jajan, tetapi tidak membawa uang sesen pun, Ida Peranda duduk sampai sore di pasar sambil menunggu datangnya Dalem. Karena situasinya sangat mengerikan Puri Gelgel, diutusnya patih untuk menjemput Ida Peranda untuk dihadapkan ke Istana. 

Sesampai di Istana, Ida Dalem bercakap-cakap dengan Ida Peranda tiba-tiba teringat lah dengan upacara yang dilaksanakan oleh Ida Peranda Wiraga Sandi yang menyebut-nyebut nama Ida Peranda Sakti Telaga yang dapat menurunkan Sang Pitara. Dengan demikian Ida Dalem meminta Ida Peranda Telaga untuk menurunkan atman leluhurnya agar dapat bertatap muka pada beliau Dalem.